KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanyalah
milik Allah yang Maha Kuasa atas segala penciptaan-Nya. Selayaknya kita
panjatkan rasa syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan segala bentuk
kenikmatan kepada kita semua yang tiada terhingga. Dan atas segala rahmat dan
izin-Nya, maka saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “karakteristik
mata pelajaran mipa dan metode pembelajaran mipa”.
Meskipun dalam pengerjaan makalah ini, saya selaku penyusun terkadang mengalami kesulitan, namun banyak pihak yang membantu saya sehingga kesulitan yang saya hadapi dalam penyusunan makalah ini dapat terselesaikan.
Dalam penyusunan tugas ini masih
banyak kekurangannya dan jauh dari sempurna, dan mungkin juga banyak kesalahan.
Oleh karena itu, saya menerima dengan kelapangan dada atas segala saran dan
kritikan dari pembaca khususnya dari
Dosen mata kuliah kurikulum dan buku teks untuk perbaikan tugas ini.
Bab l
Pendahuluan
a.
Latar
Belakang
Karakteristik mata pelajaran yang meliputi mata
pelajaran fisika, matematika, biologi dan kimia serta penjelasan mengenai
bagaimana metode pembelajaran yang bisa dipakai dalam mengajar.
b.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
karakteristik mata pelajaran biologi?
2. Bagaimana
karakteristik mata pelajaran fisika?
3. Bagaimana
karakteristik mata pelajaran matematika?
4. Bagaimana
karakteristik mata pelajaran kimia?
5. Bagaimana
metode pembelajaran MIPA?
c.
Tujuan
1. Mengetahui
karakteristik mata pelajaran biologi.
2. Mengetahui
karakteristik mata pelajaran fisika.
3. Mengetahui
karakteristik mata pelajaran matematika.
4. Mengetahui
karakteristik mata pelajaran kimia.
5. Mengetahui
metode pembelajaran MIPA.
Bab ll
Pembahasan
A.
Karakteristik
Mata Pelajaran Mipa dan Metode Pembelajaran Mipa
1.
Karakteristik
Mata Pelajaran
-
Ada
beberapa karakteristik mata pelajaran yang akan dibahas dibawah ini yaitu
sebagai berikut :
a.
Karakteristik
Mata Pelajaran Matematika
Ada beberapa karakteristik dari mata
pelajaran matematika yaitu sebagai berikut :
a.
Fakta
(facts),meliputi :
1. Informasi,
2. Nama,
3. Istilah
dan
4. Konvensi
tentang lambang-lambang.
b.
Pengertian
(concepts),meliputi :
1. Struktur
pengertian,
2. Peranan
struktur pengertian,
3. Berbagai
macam pola, urutan,
4. Model
matematika,
5. Operasi
dan algoritma.
c.
Keterampilan
penalaran, meliputi :
1. Memahami
pengertian,
2. Berfikir
logis,
3. Memahami
contoh negatif,
4. Berpikir
deduksi,
5. Berpikir
induksi,
6. Berpikir
sistematis dan konsisten,
7. Menarik
kesimpulan,
8. Menentukan
metode dan membuat alasan, dan
9. Menentukan
strategi.
d.
Keterampian
algoritmik, meliputi :
1. Keterampilan
untuk memahami dan mengikuti langkah yang dibuat orang lain,
2. Merancang
dan membuat langkah,
3. Menggunakan
langkah,
4. Mendefinisikan
dan menjelaskan langkah sehingga dapat dipahami orang lain,
5. Membandingkan
dan memilih langkah yang efektif dan efisien, serta
6. Memperbaiki
langkah.
e.
Keterampilan
menyelesaikan masalah matematika (problem solving) meliputi
:
1. Memahami
pokok persoalan,
2. Mendiskusikan
alternatif pemecahannya,
3. Memecah
persoalan utama menjadi bagian-bagian kecil,
4. Menyederhanakan
persoalan,
5. Menggunakan
pengalaman masa lampau dan menggunakan intuisi untuk menemukan alternatif
pemecahannya,
6. Mencoba berbagai cara, bekerja secara
sistematis, mencatat apa yang terjadi, mengecek hasilnya dengan mengulang
kembali langkah-langkahnya, dan
7. Mencoba
memahami dan menyelesaikan persoalan yang lain.
f.
Keterampilan
melakukan penyelidikan (investigation), meliputi
1. Mengajukan
pertanyaan dan mencari bagaimana cara memperoleh jawabannya,
2. Membuat
dan menguji hipotesis,
3. Mencari dan menentukan informasi yang cocok dan
memberi penjelasan mengapa suatu informasi diperlukan,
4. Mengumpulkan,mengelompokkan,menyusun,
mengurutkan dan membandingkan serta mengolah informasi secara sistematis,
5. Mencoba
metode alternatif,
6. Mengenali
pola dan hubungan, dan
7. Menyimpulkan.
b.
Karakteristik
Mata Pelajaran Biologi
Biologi merupakan
sebuah mata pelajaran yang memiliki karakteristik berbeda daripada mata
pelajaran lain yang diajarkan di sekolah. Karakteristik
mata pelajaran biologi mengkaji tentang Obyek biologi yang berupa makhluk
hidup dan merupakan daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian dan
minat siswa untuk mempelajarinya. Kesalahan klasik yang selalu muncul dalam
memahami mata pelajaran ini adalah dianggapnya biologi adalah materi yang harus
dihafalkan, sehingga bagi sebagian siswa menganggap biologi sebagai pelajaran
yang membosankan.
Didalam mata pelajaran biologi
Istilah adalah sebuah sebutan, simbol atau nama dari benda-benda dan gejala
alam, orang dan tempat. Dengan istilah maka dapat diungkapkan apa yang telah
didengar, dilihat, diraba, dibau atau dikecap oleh seseorang kepada orang lain.
Dalam pembelajaran ini tidak memerlukan proses berpikir yang kompleks.
c.
Karakteristik
Mata Pelajaran Fisika
Karakteristik
mata pelajaran fisika adalah berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam
secara sistematis,sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan
yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga
merupakan proses penemuan. Pemahaman tentang karakteristik fisika ini berdampak
pada proses belajar fisika disekolah.
Cakupan dan proses belajar fisika
disekolah memiliki karekteristik tersendiri, antara lain :
1. Fisika
mempunyai nilai ilmiah.
2. Kebenaran
dalam fisika dapat dibuktikan lagi oleh semua orang dengan menggunakan metode
ilmiah dan prosedur seperti yang dilakukan terlebih dahulu oleh penemunya.
3. Fisika
merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis. Dan dalam
penggunaan secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.
4. Fakta
merupakan pengetahuan teoritis
Teori
fisika diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan
melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori dan demikian
seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan yang lainnya.
5. Fisika
merupakam satu rangkaian konsep fisika yang saling berkaitan.
6. Fisika
meliputi 4 unsur, yaitu produk, proses aplikasi dan sikap.
d.
Karakteristik
Mata Pelajaran Kimia
Karakteristik mata pelajaran kimia
adalah pembelajaran yang sangat menekankan pada pemberian pengalaman
belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan
proses dan sikap ilmiah. Obyek dari pelajaran kimia adalah fakta, prinsip,
konsep dan hukum dan teori kimia serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan
yang berkaitan dengan fakta atau gejala-gejala alam yang dapat kita amati
dengan panca indera. Belajar kimia bersifat kontektual atau berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
Suatu
anggapan yang keliru jika pelajaran kimia dianggap suatu pelajaran yang sulit
bahkan menakutkan. Belajar kimia adalah pengetahuan yang berjenjang seperti
kita berjalan tidak bisa lompat-lompat, kita harus mengikuti alur yang harus
dilalui. Setiap kompetensi yang dipelajari harus dimengerti/dipahami
dengan baik, jika tidak akan terjadi akumulasi ketidakmengertian yang
menyebabkan bingungnisasi.
Pada
umumnya siswa belajar kimia terjebak pada rumus-rumus kimia dan tidak mengerti
tentang hakekat dari rumus kimia. Rumus kimia merupakan gambaran dari kenyataan
dari zat-zat kimia yang ada di alam, digambarkan dalam bentuk rumus kimia agar
kita dapat mempelajari dengan baik.
2.
Metode
Pembelajaran MIPA
Banyak metode yang bisa digunakan
untuk mengajar MIPA, setiap metode cocok diterapkan untuk materi pelajaran
tertentu. Metode itu tidak ada yang bagus tetapi juga tidak ada yang jelek,
sangat tergantung pada kemampuan guru yang menggunakannya. Marilah kita
lihat satu persatu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran MIPA.
1. Metode
Ceramah
·
Pengertian: Cara penyajian pelajaran oleh guru
dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa
·
Tujuan Metode ceramah :
- Menyampaikan bahan yang bersifat informatif dan juga
untuk memberitahukan penemuan-penemuan yang langka dan belum meluas
- Menciptakan landasan pemikiran siswa sehingga siswa
dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah
- Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran
-
Membiasakan siswa untuk belajar mandiri
- Memperkenalkan hal-hal yang baru dan mem-berikan
penjelasan secara gamblang
·
Alasan Penggunaan
- Anak benar-benar memerlukan penjelasan, untuk
menghindari kesalahpahaman
-
Benar-benar tidak ada sumber pelajaran lain bagi siswa
-
Jumlah siswa terlalu besar
-
Menghemat biaya, waktu dan peralatan
·
Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah
·
Kelebihan Metode ceramah :
-
Murah
-
Mudah
-
Meningkatkan daya dengar siswa
-
Memberikan wawasan yang luas
·
Kekurangan Metode ceramah :
-
Dapat menimbulkan kejenuhan
-
Dapat menimbulkan verbalisme (bisa menyebutkan tetapi
tidak mengerti)
-
Materi ceramah terbatas pada apa yang diingat guru
-
Merugikan siswa yang lemah ingatan
-
Tidak merangsang kreativitas siswa
-
Terjadinya proses satu arah yaitu antara guru dan
siswa
2. Metode Tanya
Jawab
Pengertian :
Cara
penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi dua arah (two
way traffic)
·
Tujuan Metode Tanya Jawab :
-
Mengecek dan mengetahui sejauhmana penguasaan materi
oleh siswa
- Memberikan kesempatan pada siswa untk membahas
materi pelajaran yang belum dipahami
-
Memotivasi dan menimbulkan kompetisi belajar bagi
siswa
-
Melatih siswa berpikir dan berbicara secara sistematis
·
Alasan Penggunaan
-
Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap
permasalahan yang sedang dibicarakan
-
Menimbulkan berpikir reflektif, sistematis, kreatif
dan kritis pada siswa
-
Mewujudkan cara belajar siswa aktif
-
Mendorong siswa mengekspresikan kemampuan lisannya
-
Memungkinkan siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya
-
Menarik dan memusatkan perhatian siswa terhadap materi
pelajaran
-
Mengetahui kemampuan daya serap siswa
-
Merangsang siswa menggunakan daya pikir dan daya
nalarnya
-
Distribusi pertanyaan tidak merata
-
Tidak memberdayakan siswa yang kurang aktif
-
Membuat siswa yang tidak biasa berbicara menjadi
nerves (gugup)
-
Bisa membuang waktu jika siswa tidak responsif
3. Metode
Diskusi :
Pengertian : Penyampaian
bahan pelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah yang bersifat
problematis
·
Tujuan Metode Diskusi :
- Melatih siswa mengembangkan keterampilan bertanya,
berkomunikasi, menafsirkan dan menyimpulkan bahasan
-
Melatih dan membentuk kestabilan sosial-emosional
-
Mengembangkan kemampuan berpikir sendiri dalam memecahkan
masalah sehingga tumbuh konsep diri yang lebih positif
-
Mengembangkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat
-
Mengembangkan sikap terhadap isu-isu kontroversial
-
Melatih siswa berani mengemukakan pendapat mengenai
suatu masalah
·
Alasan Penggunaan :
-
Topik bahasan bersifat problematis
-
Merangsang siswa untuk berdebat secara ilmiah
-
Melatih siswa untuk berpikir kritis dan terbuka
-
Mengembangkan suasana demokratis dan berjiwa besar
-
Siswa memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang
topik diskusi
-
Adanya hubungan masalah yang didiskusikan dengan topik
yang lain
·
Keuntungan Metode diskusi :
- Dapat mendorong partisipasi siswa secara aktif baik
sebagai partisipan, penanya, atau moderator
-
Menimbulkan kreativitas dalam ide, pendapat, gagasan,
ataupun terobosan-terobosan baru
-
Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi
demokratis
- Bisa menghargai pendapat orang lain dan tidak
memaksakan pendapat sendiri
- Keputusan yang dihasilkan orang banyak lebih baik
dengan keputusan yang dihasilkan satu orang
-
Sulit menentukan topik masalah yg sesuai dengan
tingkat berpikir siswa
-
Memerlukan waktu yang tidak terbatas
-
Pembahasan sering mengambang
-
Biasanya didominasi oleh orang-orang yang aktif
berbicara
-
Sulit menerapkan hasil keputusan yang sudah disepakati
bersama
-
Dapat menimbulkan reaksi di luar kelas. Misalnya,
bentrok fisik
4. Metode kerja
kelompok :
Pengertian : Metode
mengajar dengan meng-kondisikan siswa dalam group atau kelompok yang diberikan
tugas kelompok
·
Tujuan
-
Memupuk kemauan dan kemampuan kerjasama diantara para
siswa
- Meningkatkan keterlibatan sosio-emosional dan
intelektual siswa dalam proses belajar mengajar
-
Meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil
proses belajar mengajar secara berimbang
- Memungkinkan siswa dapat bekerja sama dengan temannya
dalam satu kesatuan tugas
-
Memungkinkan siswa berusaha mencari bahan dan alat
untuk mengerjakan tugas
-
Membuat siswa aktif
·
Kelebihan Metode Kerja Kelompok
-
Membuat siswa aktif mencari bahan untuk menyelesaikan
tugasnya
-
Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
-
Mengembangkan kepemimpinan siswa dan melatih
keterampilan berdiskusi
-
Merugikan siswa yg pasif
-
Memerlukan fasilitas belajar yg beragam
5. Metode
Pemberian Tugas
Pengertian : Suatu cara
interaksi belajar mengajar yang ditandai dengan adanya tugas dari guru untuk dikerjakan
siswa
·
Tujuan :
-
Merangsang siswa aktif belajar secara individual
maupun kelompok
·
Alasan Penggunan metode pemberian tugas :
- Memperkaya materi dan merupa-kan tindak lanjut dari
kegiatan belajar sebelumnya
·
Keuntungan dan Kelemahan Metode Pemberian Tugas
·
Keuntungan Metode Pemberian Tugas :
-
Membuat siswa aktif belajar
-
Mendorong siswa untuk memperkaya wawasannya
-
Mengembangkan kemandirian siswa
-
Membiasakan siswa mencari dan meng-olah informasinya
sendiri
-
Membuat siswa bergairah dalam belajar
-
Membina tanggung jawab dan disiplin siswa
-
Mengembangkan kreativitas siswa
·
Kelemahan Metode Pemberian tugas :
-
Sulit mengontrol siswa apakah kerja atau tidak
-
Sulit memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan
siswa
-
Tugas yang monoton bisa membosankan siswa
-
Siswa merasa mengeluh jika tugasnya banyak
-
Biasanya tugas kelompok dikerjakan oleh orang yang
rajin saja
6. Metode
Demonstrasi
Pengertian : Cara
penyajian pelajaran dengan cara mempertunjuk-kan kepada siswa suatu proses,
situasi atau benda tertentu baik benda asli maupun benda tiruan
·
Tujuan :
-
Memperlihatkan suatu proses atau prosedur yang harus
dikuasai siswa
-
Mengkongkritkan informasi atau penjelasan kepada siswa
-
Mengembangkan kemampuan indera penglihatan dan indera
pendengaran siswa
·
Alasan Penggunaan Metode Demonstrasi :
- Ada topik-topik pelajaran ter-tentu yang tidak bisa
dijelaskan dengan penjelasan atau diskusi
-
Sifat pelajaran yang menuntut diperagakan
-
Memperhatikan tipe belajar siswa
-
Memudahkan mengajarkan suatu cara kerja/prosedur
·
Keuntungan dan Kerugian Metode Demonstrasi
·
Keuntungan Metode Demonstrasi :
-
Pelajaran bisa menjadi lebih jelas sehingga terhindar
dari verbalisme
-
Memudahkan siswa memahami materi pelajaran
-
Proses belajar mengajar menjadi lebih menarik
-
Melatih kemampuan mengamati siswa
-
Ada materi pelajaran lain yang tidak bisa disajikan
dengan metode lain
·
Kerugian Metode Demonstrasi :
-
Memerlukan keterampilan guru secara khusus
-
Memerlukan banyak waktu
- Kekurangan sumber belajar yang terjadi pada sekolah
seringkali mengakibatkan metode ini tidak bisa diterapkan
7. Metode
Eksperimen
Pengertian : Cara belajar
mengajar yang melibataktif kan siswa dengan mengalami dan mem-buktikan sendiri
·
Tujuan Metode Eksperimen:
-
Agar siswa mampu menyimpulkan fakta-fakta, informasi
atau data yang diperoleh
-
Melatih siswa merancang, mempersiapkan, dan
melaksanakan percobaan
-
Melatih kemampuan berpikir induktif siswa
·
Alasan penggunaan metode eksperimen :
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat
secara aktif dalam percobaan
-
Menumbuhkan cara berpikir rasional dan ilmiah
·
Keuntungan dan Kerugian metode eksperimen
·
Keuntungan metode eksperimen:
-
Siswa bisa membuktikan teori
- Memungkinkan siswa terlibat secara aktif sehingga
pemahaman siswa menjadi lebih mendalam
-
Siswa bisa melakukan prosedur dan berpikir ilmiah
-
Menghilangkan verbalisme
-
Hasil belajar siswa menjadi bermakna (meaningfull)
·
Kerugian metode eksperimen :
-
Memerlukan alat dan bahan yang komplit
-
Memerlukan waktu lama
-
Memerlukan perencanaan yang matang
- Memungkinkan salah dalam menyimpulkan jika salah
melakukan eksperimen
8. Metode
Simulasi
Pengertian : Cara
penyajian pelajaran dengan meng-gunakan situasi tiruan untuk meng-gambarkan
situasi sebenarnya
·
Tujuan Metode simulasi :
- Melatih keterampilan tertentu yang besifat praktis
dalam kehidupan sehari-hari
-
Mengembangkan sikap percaya diri pada anak
-
Mengembangkan persuasi dan komunikasi
- Melatih siswa memecahkan masalah dengan memanfaatkan
sumber-sumber yang dapat digunakan
-
Meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip yang
dipelajari
-
Meningkatkan keaktifan belajar bagi siswa
·
Alasan Penggunaan Metode simulasi
-
Ada situasi atau peristiwa yang tidak dapat dihadirkan
secara nyata dalam situasi sebenarnya, seperti keadaan perang atau perputaran
planet tata surya
- Perlunya konsep-konsep untuk diresapi dan dirasakan
siswa secara langsung
- Menanamkan sikap-sikap normatif kepada siswa yg harus
direfleksikan dalam apresiasi jiwa
-
Agar siswa dapat berperan dan berkomunikasi secara
baik
·
Keuntungan dan Kekurangan Metode Simulasi
·
Keuntungan Metode Simulasi :
-
Menciptakan kegairahan siswa untuk belajar
-
Memupuk daya cipta siswa
-
Melatih keberanian siswa tampil di depan orang banyak
- Siswa mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan
perasaannya yang kemungkinan terpendam dengan pengajaran dengan metode lain
-
Dapat ditemukan siswa yang bakat berakting (jika ada)
·
Kekurangan Metode Simulasi :
- Memerlukan pengelompokkan siswa yang fleksibel dan
ruang yang tidak selalu tersedia
- Pengalaman yang disimulasikan tidak selalu tepat dan
sempurna dengan kenyataan di lapangan
-
Suasana simulasi seringkali berubah menjadi ajang
tempat bermain
-
Memerlukan imajinasi yang tinggi bagi guru dan siswa
- Jika ada siswa yang merasa malu, ragu atau tidak
percaya diri, maka ini akan menghambat tercapainya tujuan simulasi
9. Metode
Inkuiri :
Pengertian : Cara penyajian
pelajaran yang memberi-kan kesempatan kepada siswa untuk mene mukan informasi
dengan atau tanpa bantuan guru
·
Tujuan metode inkuiri :
- Meningkatkan keaktifan siswa dalam menemukan dan
memproses materi pelajaran
- Mengurangi ketergantungan siswa pada guru untuk
mendapatkan pengalaman mengajarnya
-
Melatih siswa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar
-
Memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman belajar
sumur hidup
-
Kemajuan iptek yang pesat menuntut siswa agar lebih
kreatif
-
Dimanapun bisa digunakan untuk belajar
-
Melatih siswa untuk memiliki kesadaran sendiri akan
kebutuhan belajarnya
-
Menanamkan kebiasaan belajar seumur hidup
·
Keuntungan dan Kerugian Metode Inkuiri
·
Keuntungan Metode Inkuiri :
-
Menekankan proses pengolahan informasi siswa
-
Membuat konsep diri siswa meningkat
-
Membuat siswa belajar bermakna (meaningfull)
-
Dapat menjangkau ranah lain selain ranah kognitif
-
Tidak berpusat pada guru (teacher center)
·
Kerugian Metode Inkuiri :
-
Tidak sesuai untuk kelas yang besar
-
Memerlukan fasilitas yang lengkap
-
Memerlukan inovasi pembelajaran oleh guru
-
Sangat sulit mengubah kebiasaan belajar siswa dari
penerima menjadi pelaku belajar
-
Terjadi penyalahgunaan kebebasan oleh siswa
10. Metode
Pengajaran Unit :
Pengertian : Cara
penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas
dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhannya
dan bermakna
·
Tujuan metode pengajaran unit :
-
Melatih siswa berpikir komprehensif
-
Melatih siswa menggunakan keterampilan proses dan
metode ilmiah
-
Terbentuknya sikap kritis, dan sikap kooperatif pada
siswa
-
Melatih siswa agar mempunyai sifat leadership
-
Mengembangkan keterampilan berkomunikasi
-
Terdapat kaitan antara satu topik dengan topik yang
lain
- Memberikan pengalaman belajar memecahkan masalah dari
berbagai disiplin ilmu
-
Mengembangkan aspek kognitif, psikomotor dan afektif
-
Melibatkan siswa secara fisik dan mental dalam belajar
-
Membantu siswa berpikir komprehensif
-
Memperluas wawasan siswa
-
Memperhatikan karakteristik khusus siswa
-
Menciptakan iklim demokratis dalam belajar
-
Pengajarannya lebih bermakna karena disesuaikan dengan
tingkat perkembangan dan minat siswa
·
Kekurangan Metode Pengajaran Unit :
- Sulit menentukan topik yang sesuai dengan bakat, minat
dan perkembangan siswa
-
Memerlukan kecakapan khusus bagi guru
-
Memerlukan waktu, dan dana yang besar
-
Pemecahan masalah yang dangkal dan kabur karena
ditinjau dari beberapa segi
Bab lll
Penutup
a.
Kesimpulan
:
-
Karakteristik
mata pelajaran biologi mengkaji tentang Obyek biologi yang
berupa makhluk hidup dan merupakan daya tarik tersendiri yang dapat menarik
perhatian dan minat siswa untuk mempelajarinya.
-
Karakteristik
mata pelajaran fisika berhubungan dengan cara mencari
tahu tentang alam secara sistematis,sehingga fisika bukan hanya penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep, atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan.
- Karakteristik
mata pelajaran kimia pembelajaran yang sangat menekankan pada
pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan
pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Obyek dari pelajaran
kimia adalah fakta, prinsip, konsep dan hukum dan teori kimia serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
-
Karakteristik
mata pelajaran matematika berupa Fakta (facts), Pengertian(concepts),dll.
-
Metode
pembelajaran mipa Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengajar MIPA,
setiap metode cocok diterapkan untuk materi pelajaran tertentu. Metode itu
tidak ada yang bagus tetapi juga tidak ada yang jelek, sangat tergantung pada
kemampuan guru yang menggunakannya.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar