Sabtu, 21 Januari 2017

Contoh Makalah Karakteristik Mata Pelajaran Mipa dan Metode Pembelajaran Mipa






KATA PENGANTAR



Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah yang Maha Kuasa atas segala penciptaan-Nya. Selayaknya kita panjatkan rasa syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan segala bentuk kenikmatan kepada kita semua yang tiada terhingga. Dan atas segala rahmat dan izin-Nya, maka saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “karakteristik mata pelajaran mipa dan metode pembelajaran mipa”.


Meskipun dalam pengerjaan makalah ini, saya selaku penyusun terkadang mengalami kesulitan, namun banyak pihak yang membantu saya sehingga kesulitan yang saya hadapi dalam  penyusunan makalah ini dapat terselesaikan.

Dalam penyusunan tugas ini masih banyak kekurangannya dan jauh dari sempurna, dan mungkin juga banyak kesalahan. Oleh karena itu, saya menerima dengan kelapangan dada atas segala saran dan kritikan dari pembaca  khususnya dari Dosen mata kuliah kurikulum dan buku teks untuk perbaikan tugas ini.







Bab l

Pendahuluan



a.      Latar Belakang
            Karakteristik mata pelajaran yang meliputi mata pelajaran fisika, matematika, biologi dan kimia serta penjelasan mengenai bagaimana metode pembelajaran yang bisa dipakai dalam mengajar.



b.      Rumusan Masalah

1.      Bagaimana karakteristik mata pelajaran biologi?

2.      Bagaimana karakteristik mata pelajaran fisika?

3.      Bagaimana karakteristik mata pelajaran matematika?

4.      Bagaimana karakteristik mata pelajaran kimia?

5.      Bagaimana metode pembelajaran MIPA?



c.       Tujuan

1.      Mengetahui karakteristik mata pelajaran biologi.

2.      Mengetahui karakteristik mata pelajaran fisika.

3.      Mengetahui karakteristik mata pelajaran matematika.

4.      Mengetahui karakteristik mata pelajaran kimia.

5.      Mengetahui metode pembelajaran MIPA.














                                                             Bab ll
                                                       Pembahasan



A.   Karakteristik Mata Pelajaran Mipa dan Metode Pembelajaran Mipa

1.      Karakteristik Mata Pelajaran

-          Ada beberapa karakteristik mata pelajaran yang akan dibahas dibawah ini yaitu sebagai berikut :

a.      Karakteristik Mata Pelajaran Matematika

        Ada beberapa karakteristik dari mata pelajaran matematika yaitu sebagai berikut :

a.      Fakta (facts),meliputi :

1.      Informasi,

2.      Nama,

3.      Istilah dan

4.      Konvensi tentang lambang-lambang.

b.      Pengertian (concepts),meliputi :

1.      Struktur pengertian,

2.      Peranan struktur pengertian,

3.      Berbagai macam pola, urutan,

4.      Model matematika,

5.      Operasi dan algoritma.

c.       Keterampilan penalaran, meliputi :

1.      Memahami pengertian,

2.      Berfikir logis,

3.      Memahami contoh negatif,

4.      Berpikir deduksi,

5.      Berpikir induksi,

6.      Berpikir sistematis dan konsisten,

7.      Menarik kesimpulan,

8.      Menentukan metode dan membuat alasan, dan

9.      Menentukan strategi.

d.      Keterampian algoritmik, meliputi :

1.   Keterampilan untuk memahami dan mengikuti langkah yang dibuat orang lain,

2.      Merancang dan membuat langkah,

3.      Menggunakan langkah,

4.   Mendefinisikan dan menjelaskan langkah sehingga dapat dipahami orang lain,

5.      Membandingkan dan memilih langkah yang efektif dan efisien, serta

6.      Memperbaiki langkah.

e.       Keterampilan menyelesaikan masalah matematika (problem solving) meliputi :

1.      Memahami pokok persoalan,

2.      Mendiskusikan alternatif pemecahannya,

3.      Memecah persoalan utama menjadi bagian-bagian kecil,

4.      Menyederhanakan persoalan,

5.   Menggunakan pengalaman masa lampau dan menggunakan intuisi untuk menemukan alternatif pemecahannya,

6.  Mencoba berbagai cara, bekerja secara sistematis, mencatat apa yang terjadi, mengecek hasilnya dengan mengulang kembali langkah-langkahnya, dan

7.      Mencoba memahami dan menyelesaikan persoalan yang lain.

f.       Keterampilan melakukan penyelidikan (investigation), meliputi

1. Mengajukan pertanyaan dan mencari bagaimana cara memperoleh jawabannya,

2.      Membuat dan menguji hipotesis,

3.    Mencari  dan menentukan informasi yang cocok dan memberi penjelasan mengapa suatu informasi diperlukan,

4. Mengumpulkan,mengelompokkan,menyusun, mengurutkan dan membandingkan serta mengolah informasi secara sistematis,

5.      Mencoba metode alternatif,

6.      Mengenali pola dan hubungan, dan

7.       Menyimpulkan.



b.      Karakteristik Mata Pelajaran Biologi

        Biologi merupakan sebuah mata pelajaran yang memiliki karakteristik berbeda daripada mata pelajaran lain yang diajarkan di sekolah. Karakteristik mata pelajaran biologi mengkaji tentang Obyek biologi yang berupa makhluk hidup dan merupakan daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mempelajarinya. Kesalahan klasik yang selalu muncul dalam memahami mata pelajaran ini adalah dianggapnya biologi adalah materi yang harus dihafalkan, sehingga bagi sebagian siswa menganggap biologi sebagai pelajaran yang membosankan.

           Didalam mata pelajaran biologi Istilah adalah sebuah sebutan, simbol atau nama dari benda-benda dan gejala alam, orang dan tempat. Dengan istilah maka dapat diungkapkan apa yang telah didengar, dilihat, diraba, dibau atau dikecap oleh seseorang kepada orang lain. Dalam pembelajaran ini tidak memerlukan proses berpikir yang kompleks.



c.       Karakteristik Mata Pelajaran Fisika

         Karakteristik mata pelajaran fisika adalah berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Pemahaman tentang karakteristik fisika ini berdampak pada proses belajar fisika disekolah.



        Cakupan dan proses belajar fisika disekolah memiliki karekteristik tersendiri, antara lain :

1.      Fisika mempunyai nilai ilmiah.

2.  Kebenaran dalam fisika dapat dibuktikan lagi oleh semua orang dengan menggunakan metode ilmiah dan prosedur seperti yang dilakukan terlebih dahulu oleh penemunya.

3. Fisika merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis. Dan dalam penggunaan secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.

4.      Fakta merupakan pengetahuan teoritis

Teori fisika diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan yang lainnya.

5.      Fisika merupakam satu rangkaian konsep fisika yang saling berkaitan.

6.      Fisika meliputi 4 unsur, yaitu produk, proses aplikasi dan sikap.



d.      Karakteristik Mata Pelajaran Kimia

           Karakteristik mata pelajaran kimia adalah pembelajaran yang sangat menekankan pada pemberian pengalaman belajar  secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Obyek dari pelajaran kimia adalah fakta, prinsip, konsep dan hukum dan teori kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

           Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan fakta atau gejala-gejala alam yang dapat kita amati dengan panca indera. Belajar kimia bersifat kontektual atau berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Suatu anggapan yang keliru jika pelajaran kimia dianggap suatu pelajaran yang sulit bahkan menakutkan. Belajar kimia adalah pengetahuan yang berjenjang seperti kita berjalan tidak bisa lompat-lompat, kita harus mengikuti alur yang harus dilalui. Setiap kompetensi  yang dipelajari harus dimengerti/dipahami dengan baik, jika tidak akan terjadi akumulasi ketidakmengertian yang menyebabkan bingungnisasi.

Pada umumnya siswa belajar kimia terjebak pada rumus-rumus kimia dan tidak mengerti tentang hakekat dari rumus kimia. Rumus kimia merupakan gambaran dari kenyataan dari zat-zat kimia yang ada di alam, digambarkan dalam bentuk rumus kimia agar kita dapat mempelajari dengan baik.   



2.      Metode Pembelajaran MIPA

         Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengajar MIPA, setiap metode cocok diterapkan untuk materi pelajaran tertentu. Metode itu tidak ada yang bagus tetapi juga tidak ada yang jelek, sangat tergantung pada kemampuan guru yang menggunakannya. Marilah kita lihat satu persatu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran MIPA.



1.      Metode Ceramah

·        Pengertian: Cara penyajian pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa



·        Tujuan Metode ceramah :

-   Menyampaikan bahan yang bersifat informatif dan juga untuk memberitahukan penemuan-penemuan yang langka dan belum meluas

-       Menciptakan landasan pemikiran siswa sehingga siswa dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah

-       Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran

-        Membiasakan siswa untuk belajar mandiri

-   Memperkenalkan hal-hal yang baru dan mem-berikan penjelasan secara gamblang



·        Alasan Penggunaan

- Anak benar-benar memerlukan penjelasan, untuk menghindari kesalahpahaman

-          Benar-benar tidak ada sumber pelajaran lain bagi siswa

-          Jumlah siswa terlalu besar

-          Menghemat biaya, waktu dan peralatan

·        Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah

·        Kelebihan Metode ceramah :

-           Murah

-          Mudah

-          Meningkatkan daya dengar siswa

-          Memberikan wawasan yang luas



·        Kekurangan Metode ceramah :

-          Dapat menimbulkan kejenuhan

-          Dapat menimbulkan verbalisme (bisa menyebutkan tetapi tidak mengerti)

-          Materi ceramah terbatas pada apa yang diingat guru

-          Merugikan siswa yang lemah ingatan

-          Tidak merangsang kreativitas siswa

-          Terjadinya proses satu arah yaitu antara guru dan siswa



2.      Metode Tanya Jawab

Pengertian : Cara penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi dua arah (two way traffic)



·        Tujuan Metode Tanya Jawab :

-          Mengecek dan mengetahui sejauhmana penguasaan materi oleh siswa

-       Memberikan kesempatan pada siswa untk membahas  materi pelajaran yang belum dipahami

-          Memotivasi dan menimbulkan kompetisi belajar bagi siswa

-          Melatih siswa berpikir dan berbicara secara sistematis





·        Alasan Penggunaan

-       Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan

-          Menimbulkan berpikir reflektif, sistematis, kreatif dan kritis pada siswa

-          Mewujudkan cara belajar siswa aktif

-          Mendorong siswa mengekspresikan kemampuan lisannya

-          Memungkinkan siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya

-          Menarik dan memusatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran

-          Mengetahui kemampuan daya serap siswa

-          Merangsang siswa menggunakan daya pikir dan daya nalarnya

-          Distribusi pertanyaan tidak merata

-          Tidak memberdayakan siswa yang kurang aktif

-          Membuat siswa yang tidak biasa berbicara menjadi nerves (gugup)

-          Bisa membuang waktu jika siswa tidak responsif



3.      Metode Diskusi :

Pengertian : Penyampaian bahan pelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah yang bersifat problematis



·        Tujuan Metode Diskusi :

-   Melatih siswa mengembangkan keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan menyimpulkan bahasan

-          Melatih dan membentuk kestabilan sosial-emosional

-          Mengembangkan kemampuan berpikir sendiri dalam memecahkan masalah sehingga tumbuh konsep diri yang lebih positif

-          Mengembangkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat

-          Mengembangkan sikap terhadap isu-isu kontroversial

-          Melatih siswa berani mengemukakan pendapat mengenai suatu masalah

·        Alasan Penggunaan :

-          Topik bahasan bersifat problematis

-          Merangsang siswa untuk berdebat secara ilmiah

-          Melatih siswa untuk berpikir kritis dan terbuka

-          Mengembangkan suasana demokratis dan berjiwa besar

-          Siswa memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang topik diskusi

-          Adanya hubungan masalah yang didiskusikan dengan topik yang lain



·        Keuntungan Metode diskusi :

-    Dapat mendorong partisipasi siswa secara aktif baik sebagai partisipan, penanya, atau moderator

-          Menimbulkan kreativitas dalam ide, pendapat, gagasan, ataupun terobosan-terobosan baru

-          Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi demokratis

-     Bisa menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan pendapat sendiri

-         Keputusan yang dihasilkan orang banyak lebih baik dengan keputusan yang dihasilkan satu orang

-          Sulit menentukan topik masalah yg sesuai dengan tingkat berpikir siswa

-          Memerlukan waktu yang tidak terbatas

-          Pembahasan sering mengambang

-          Biasanya didominasi oleh orang-orang yang aktif berbicara

-          Sulit menerapkan hasil keputusan yang sudah disepakati bersama

-          Dapat menimbulkan reaksi di luar kelas. Misalnya, bentrok fisik







4.      Metode kerja kelompok :

Pengertian : Metode mengajar dengan meng-kondisikan siswa dalam group atau kelompok yang diberikan tugas kelompok



·        Tujuan

-          Memupuk kemauan dan kemampuan kerjasama diantara para siswa

-    Meningkatkan keterlibatan sosio-emosional dan intelektual siswa dalam proses belajar mengajar

-          Meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil proses belajar mengajar secara berimbang

-       Memungkinkan siswa dapat bekerja sama dengan temannya dalam satu kesatuan tugas

-          Memungkinkan siswa berusaha mencari bahan dan alat untuk mengerjakan tugas

-          Membuat siswa aktif



·        Kelebihan Metode Kerja Kelompok

-          Membuat siswa aktif mencari bahan untuk menyelesaikan tugasnya

-          Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok

-          Mengembangkan kepemimpinan siswa dan melatih keterampilan berdiskusi

-          Merugikan siswa yg pasif

-          Memerlukan fasilitas belajar yg beragam



5.      Metode Pemberian Tugas

Pengertian : Suatu cara interaksi belajar mengajar yang ditandai dengan adanya tugas dari guru untuk dikerjakan siswa





·        Tujuan :

-          Merangsang siswa aktif belajar secara individual maupun kelompok



·        Alasan Penggunan metode pemberian tugas :

-    Memperkaya materi dan merupa-kan tindak lanjut dari kegiatan belajar sebelumnya



·        Keuntungan dan Kelemahan Metode Pemberian Tugas

·        Keuntungan Metode Pemberian Tugas :

-          Membuat siswa aktif belajar

-          Mendorong siswa untuk memperkaya wawasannya

-          Mengembangkan kemandirian siswa

-          Membiasakan siswa mencari dan meng-olah informasinya sendiri

-          Membuat siswa bergairah dalam belajar

-          Membina tanggung jawab dan disiplin siswa

-          Mengembangkan kreativitas siswa



·        Kelemahan Metode Pemberian tugas :

-          Sulit mengontrol siswa apakah kerja atau tidak

-          Sulit memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan siswa

-          Tugas yang monoton bisa membosankan siswa

-          Siswa merasa mengeluh jika tugasnya banyak

-          Biasanya tugas kelompok dikerjakan oleh orang yang rajin saja



6.      Metode Demonstrasi

Pengertian : Cara penyajian pelajaran dengan cara mempertunjuk-kan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu baik benda asli maupun benda tiruan





·        Tujuan :

-          Memperlihatkan suatu proses atau prosedur yang harus dikuasai siswa

-          Mengkongkritkan informasi atau penjelasan kepada siswa

-          Mengembangkan kemampuan indera penglihatan dan indera pendengaran siswa



·        Alasan Penggunaan Metode Demonstrasi :

-   Ada topik-topik pelajaran ter-tentu yang tidak bisa dijelaskan dengan penjelasan atau diskusi

-          Sifat pelajaran yang menuntut diperagakan

-          Memperhatikan tipe belajar siswa

-          Memudahkan mengajarkan suatu cara kerja/prosedur



·        Keuntungan dan Kerugian Metode Demonstrasi

·        Keuntungan Metode Demonstrasi :

-          Pelajaran bisa menjadi lebih jelas sehingga terhindar dari verbalisme

-          Memudahkan siswa memahami materi pelajaran

-          Proses belajar mengajar menjadi lebih menarik

-          Melatih kemampuan mengamati siswa

-          Ada materi pelajaran lain yang tidak bisa disajikan dengan metode lain



·        Kerugian Metode Demonstrasi :

-          Memerlukan keterampilan guru secara khusus

-          Memerlukan banyak waktu

-  Kekurangan sumber belajar yang terjadi pada sekolah seringkali mengakibatkan metode ini tidak bisa diterapkan





7.      Metode Eksperimen

Pengertian : Cara belajar mengajar yang melibataktif kan siswa dengan mengalami dan mem-buktikan sendiri



·        Tujuan Metode Eksperimen:

-     Agar siswa mampu menyimpulkan fakta-fakta, informasi atau data yang diperoleh

-          Melatih siswa merancang, mempersiapkan, dan melaksanakan percobaan

-          Melatih kemampuan berpikir induktif siswa

   

·        Alasan penggunaan metode eksperimen :

-     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam percobaan

-          Menumbuhkan cara berpikir rasional dan ilmiah



·        Keuntungan dan Kerugian metode eksperimen

·        Keuntungan metode eksperimen:

-          Siswa bisa membuktikan teori

-     Memungkinkan siswa terlibat secara aktif sehingga pemahaman siswa menjadi lebih mendalam

-          Siswa bisa melakukan prosedur dan berpikir ilmiah

-          Menghilangkan verbalisme

-          Hasil belajar siswa menjadi bermakna (meaningfull)



·        Kerugian metode eksperimen :

-          Memerlukan alat dan bahan yang komplit

-          Memerlukan waktu lama

-          Memerlukan perencanaan yang matang

-     Memungkinkan salah dalam menyimpulkan jika salah melakukan eksperimen


8.      Metode Simulasi

Pengertian : Cara penyajian pelajaran dengan meng-gunakan situasi tiruan untuk meng-gambarkan situasi sebenarnya



·        Tujuan Metode simulasi :

-    Melatih keterampilan tertentu yang besifat praktis dalam kehidupan sehari-hari

-          Mengembangkan sikap percaya diri pada anak

-          Mengembangkan persuasi dan komunikasi

-       Melatih siswa memecahkan masalah dengan memanfaatkan sumber-sumber yang dapat digunakan

-          Meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip yang dipelajari

-          Meningkatkan keaktifan belajar bagi siswa



·        Alasan Penggunaan Metode simulasi

-          Ada situasi atau peristiwa yang tidak dapat dihadirkan secara nyata dalam situasi sebenarnya, seperti keadaan perang atau perputaran planet tata surya

-     Perlunya konsep-konsep untuk diresapi dan dirasakan siswa secara langsung

-        Menanamkan sikap-sikap normatif kepada siswa yg harus direfleksikan dalam apresiasi jiwa

-          Agar siswa dapat berperan dan berkomunikasi secara baik



·        Keuntungan dan Kekurangan Metode Simulasi

·        Keuntungan Metode Simulasi :

-          Menciptakan kegairahan siswa untuk belajar

-          Memupuk daya cipta siswa

-          Melatih keberanian siswa tampil di depan orang banyak

-       Siswa mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya yang kemungkinan terpendam dengan pengajaran dengan metode lain

-          Dapat ditemukan siswa yang bakat berakting (jika ada)



·        Kekurangan Metode Simulasi :

-     Memerlukan pengelompokkan siswa yang fleksibel dan ruang yang tidak selalu tersedia

-      Pengalaman yang disimulasikan tidak selalu tepat dan sempurna dengan kenyataan di lapangan

-          Suasana simulasi seringkali berubah menjadi ajang tempat bermain

-          Memerlukan imajinasi yang tinggi bagi guru dan siswa

-       Jika ada siswa yang merasa malu, ragu atau tidak percaya diri, maka ini akan menghambat tercapainya tujuan simulasi



9.      Metode Inkuiri :

Pengertian : Cara penyajian pelajaran yang memberi-kan kesempatan kepada siswa untuk mene mukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru



·        Tujuan metode inkuiri :

-     Meningkatkan keaktifan siswa dalam menemukan dan memproses materi pelajaran

-    Mengurangi ketergantungan siswa pada guru untuk mendapatkan pengalaman mengajarnya

-          Melatih siswa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar

-          Memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman belajar sumur hidup

-          Kemajuan iptek yang pesat menuntut siswa agar lebih kreatif

-          Dimanapun bisa digunakan untuk belajar

-          Melatih siswa untuk memiliki kesadaran sendiri akan kebutuhan belajarnya

-          Menanamkan kebiasaan belajar seumur hidup



·        Keuntungan dan Kerugian Metode Inkuiri 

·        Keuntungan Metode Inkuiri :

-          Menekankan proses pengolahan informasi siswa

-          Membuat konsep diri siswa meningkat

-          Membuat siswa belajar bermakna (meaningfull)

-          Dapat menjangkau ranah lain selain ranah kognitif

-          Tidak berpusat pada guru (teacher center)



·        Kerugian Metode Inkuiri :

-          Tidak sesuai untuk kelas yang besar

-          Memerlukan fasilitas yang lengkap

-          Memerlukan inovasi pembelajaran oleh guru

-     Sangat sulit mengubah kebiasaan belajar siswa dari penerima menjadi pelaku belajar

-          Terjadi penyalahgunaan kebebasan oleh siswa



10.  Metode Pengajaran Unit :

Pengertian : Cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhannya dan bermakna



·        Tujuan metode pengajaran unit :

-          Melatih siswa berpikir komprehensif

-          Melatih siswa menggunakan keterampilan proses dan metode ilmiah

-          Terbentuknya sikap kritis, dan sikap kooperatif pada siswa

-          Melatih siswa agar mempunyai sifat leadership

-          Mengembangkan keterampilan berkomunikasi

-          Terdapat kaitan antara satu topik dengan topik yang lain

-      Memberikan pengalaman belajar memecahkan masalah dari berbagai disiplin ilmu

-          Mengembangkan aspek kognitif, psikomotor dan afektif

-          Melibatkan siswa secara fisik dan mental dalam belajar

-          Membantu siswa berpikir komprehensif

-          Memperluas wawasan siswa

-          Memperhatikan karakteristik khusus siswa

-          Menciptakan iklim demokratis dalam belajar

-   Pengajarannya lebih bermakna karena disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan minat siswa



·        Kekurangan Metode Pengajaran Unit :

-       Sulit menentukan topik yang sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan siswa

-          Memerlukan kecakapan khusus bagi guru

-          Memerlukan waktu, dan dana yang besar

-          Pemecahan masalah yang dangkal dan kabur karena ditinjau dari beberapa segi















Bab lll

  Penutup


a.      Kesimpulan :

-       Karakteristik mata pelajaran biologi mengkaji tentang Obyek biologi yang berupa makhluk hidup dan merupakan daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mempelajarinya.

-        Karakteristik mata pelajaran fisika berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan.

-   Karakteristik mata pelajaran kimia pembelajaran yang sangat menekankan pada pemberian pengalaman belajar  secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Obyek dari pelajaran kimia adalah fakta, prinsip, konsep dan hukum dan teori kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

-    Karakteristik mata pelajaran matematika berupa Fakta (facts), Pengertian(concepts),dll.

-          Metode pembelajaran mipa Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengajar MIPA, setiap metode cocok diterapkan untuk materi pelajaran tertentu. Metode itu tidak ada yang bagus tetapi juga tidak ada yang jelek, sangat tergantung pada kemampuan guru yang menggunakannya.









                                                     Daftar Pustaka













Tidak ada komentar:

Posting Komentar